Proses belajar mengajar adalah proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.

Bagi santri ponpes Shuffah Hizbulah dan Madrasah Al-Fatah Lampung, sesekali tentu perlu belajar di alam terbuka, untuk suasana baru.

Hal ini ditangkap oleh salah seorang pengajar di Ponpes ini, adalah Arief Saifullah MD, guru pengampu mata pelajaran Tarikh ini mengajak santrinya untuk belajar di saung yang terletak di atas kolam di lingkungan ponpes tersebut.

menurutnya, hal yang dia coba praktekkan ini justru mendapat respon positif dari santri dan juga mendapatkan dampak yang positif bagi proses penyampaian pesan kepada santri.

"Bagi saya yang mengajar Tarikh, santri tidak hanya dilatih memahami sejarah tapi juga mampu menyampaikannya kembali kepada yang lain, nah tapi tidak semua anak punya kemampuan menyampaikan sesuatu, dengan saya bawa ke aam begini, ternyata yang tadinya belum terbiasa biacara, sudah mulai berani bicara menyampaikan pendapat," katanya.

Kalau suasananya nyaman, insya Allah santri menerima materi yang disampaikan oleh ustadznya dengan baik.


Share To:

Post A Comment: