Guna meningkatkan kemampuan santri dalam berdiskusi, Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun Lampung mengadakan kegiatan Kelas Diskusi bagi santri kelas XII Madrasah Aliyah.

Mudir Shuffah, Ustadz Muflihuddin, Lc mengatakan diskusi ini sebagai latihan bagi santri untuk melatih jiwa kritis santri dalam memahami sesuatu.

"Selain itu membiasakan santri sejak awal untuk berdiskusi menyampaikan pendapat, sehingga saat para santri sudah lulus dan memasuki dunia kampus, mereka sudah terbiasa berdiskusi," katanya.
Sementara, penanggung jawab kegiatan, Pembantu Mudir bidang Majelis Pengasuhan Santri (MPS), Zaenal Arifin menekankan tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan keislaman melalui diskusi.

"Sejak awal kita kenalkan terkait dunia keislaman, saat di kampus nanti paling tidak santri sudah punya basic wawasan yang baik," ujarnya.
Dengan diskusi ini santri juga bisa memahami keislaman dengan baik, tidak hanya ikut-ikutan atauy terpaksa mengamalkan syariat Islam.
Menurut Arifin, kegiatan ini diadakan setiap pekan pada malam Jum'at di Aula At-Taqwa dengan peserta santri kelas XII  MA muslimin dan muslimat.

Santri dibagi per kelompok dengan materi diskusi masing-masing. setiap kelompok ditugaskan membuat bahan materi untuk dipresentasikan, kemudian didiskusikan dengan yang seluruh santri kelas XII MA.
Santri yang lain diperbolehkan untuk menanyakan terkait yang disampaikan, dan kelompok yang terjdwal presentasi diminta untuk mempertahankan argumennya.

kegiatan ini juga melibatkan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Al-Fatah Lampung. karena di setiap bulan diadakan diskusi panel dengan menghadirkan pemateri alumni sesuai dengan tema yang didiskusikan. 






Share To:

Post A Comment: