Al-Muhajirun, Lampung Selatan - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Pondok Pesantren (Ponpes) Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung Selatan adakan pentas seni (pensi) dan lomba cipta kreasi santri, Sabtu (24/10).

Kordinator Majelis Pengasuhan Santri (MPS) Muslimat, Muthoharoh menyatakan, pensi dan lomba cipta kreasi adalah serangkaian acara dalam memperingati HSN 22 Oktober 2020, yang bertujuan untuk memeriahkan dan melihat sejauh mana semangat dan kreatifitas yang dimiliki santri.

“Sebagai sarana untuk memperlihatkan bakat dan kemampuan santri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Muthoharoh mengatakan, pensi diadakan untuk memperkenalkan Mars Al-Fatah kepada santri dan masyarakat sekitar.


“Agar kelak santri dapat memperkenalkan Mars Al-Fatah di luar sana,” katanya.

Dia juga mengatakan, lomba cipta kreasi dan pensi diikuti oleh seluruh santri tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

“Dinilai satu kelompok terbaik pertingkatan MTs dan MA,” jelasnya.

Ia menjelaskan, lomba cipta kreasi tingkat MTs dimenangkan oleh kelas VII LTA (Lembaga Tahfidz Al-Fatah) yang membuat hiasan dari bunga plastik, dan tingkat MA oleh kelas XII IPS 3 yang membuat lukisan kaligrafi.

“Dipilih bedasarkan kreatifitas, kerapihan dan keterampilannya,” katanya.

Ia berharap, dengan diadakannya serangkaian perlombaan dalam memperingati HSN tahun ini dapat menumbuhkan semangat dan kontribusi seorang santri.

“Dapat menumbuhkan semangat mereka tidak hanya saat lomba saja tapi juga di hari lainnya,” harapnya.

Dirinya menjelaskan, lomba cipta kreasi adalah sarana untuk menciptakan atau membuat suatu kreatifitas yang dibuat oleh santri perkelompok.

Reporter: Viranaila Nurul Ulya
Lebih baru Lebih lama