Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) berikan edukasi wisata astronomi kepada santri Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung dan masyarakat Dusun Al-Muhajirun, malam Rabu (12/7).

Edukasi wisata astronomi dilakukan di kompleks Masjid An-Nubuwwah, Dusun Al-Muhajirun, Negararatu, Natar Lampung Selatan. Edukasi diawali dengan materi pengenalan astronomi tentang peredaran bulan dan benda langit dari salah satu anggota OAIL, Alka Budi Wahidin, M.Si., dilanjutkan dengan praktik pengamatan bulan secara langsung menggunakan alat teleskop di halaman masjid An-Nubuwwah.

Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si. yang biasa dipanggil Aji salah seorang peneliti OAIL mengatakan kegiatan ini dilaksanakan OAIL selama musim kering di beberapa sekolah dan pesantren di Lampung setiap tahunnya.

"Program ini kami mulai itu di saat muslim kering, biasanya di bulan Juli sampai November. Jadi kita akan mencari pesantren-peasntren, atau santri-santrinya yang tertarik dengan edukasi wisata astronomi, khusus pesantren Al-Fatah ini memang beberapa kali Ustadz dari sini ikut melaksanakan rukyat di ITERA jadi kami luangkan untuk bisa ada eduwisata Astronomi di sini" ungkap Aji

Sementara itu, Mudirus (pimpinan) Ponpes Al-Fatah Lampung, Muflihudin, Lc., menyambut baik kedatangan OAIL dalam memberikan eduwisata astronomi kepada santri dan melakukan praktik langsung di lokasi dengan alat yang cukup memadai sehingga santri dapat belajar lebih jauh tentang ilmu astronomi.

“Secara umum siapa pun yang akan hadir dan memberikan ilmu ke pesantren ini kami terbuka, karena ilmu datang dari siapa saja, apalagi ilmu astronomi ini langka dan kita sangat membutuhkan mengingat setiap tahun dalam penentuan awal Ramadhan dan lain-lain kami selalu melakukan rukyat dengan mencari tempat yang memang tersedia alatnya,” ujarnya.



Lebih baru Lebih lama