Al-Muhajirun, Lampung Selatan, – Pondok Pesantren (Ponpes) Shuffah Hizbullah Madrasah Al-Fatah Lampung memberikan penghargaan kepada santri terbaik bertepatan pada Hari Santri Nasional (HSN) 2020.

Penghargaan diberikan langsung oleh Mudirus Shuffah, Muflihudin, Lc., pada akhir pelaksanaan kegiatan HSN di masjid An-Nubuwwah, Komplek Ponpes Al-Fatah Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (24/10).

Muflihudin menjelaskan, pemilihan santri terbaik atau santri teladan tersebut dimaksudkan untuk memotivasi santri agar terus semangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar, sehingga menghasilkan prestasi-prestasi yang dapat membanggakan pesantren juga keluarganya.

“Alhamdulillah tahun ini kami mendapat santri dalam latar belakang dan nominasi yang sudah ditentukan oleh lajnah, oleh karenanya mudah-mudahan menjadi spirit, menjadi motivasi bagi santri-santri yang lain untuk dapat prestasi sebagaimana yang didapat oleh santri terbaik di tahun ini,” ujarnya.

“Ini juga menjadi peluang untuk mereka, mempertahankan, untuk bisa mendapat predikat santri terbaik di tahun yang akan datang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pengasuhan Santri (MPS) Zainal Arifin MD menjelaskan, santri terbaik dinilai berdasarkan beberapa kriteria, di antaranya akhlak, kedisiplinan, aktif dalam kegiatan, berprestasi baik akademik maupun non akademik, juga prestasi dalam hafalan Al-Quran.

Santri terbaik dikategorikan pada Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), juga pada Lembaga Tahfidz Al-Fatah (LTA) masing-masing muslimin dan muslimat.

Adapun santri terbaik tingkat MTs muslimin adalah Fataran Nastio Mukti, tingkat MTs muslimat Ivania Aisyi, tingkat MA muslimin Tawakal Qodri, tingkat MA muslimat yaitu Aulisya Vanesa, tingkat MTs LTA muslimin Muhammad Wahyu CP, tingkat MTs LTA muslimat Putri Nur Azizah, dan tingkat MA LTA muslimat, Agiliza Istiqomah.

Salah satu santri terbaik tingkat MTs LTA muslimat, Putri Nur Azizah mengungkapkan, dirinya bersyukur dan tak menyangka dirinya menjadi santri terbaik, berharap ini bisa menjadi motivasi untuk lebih semangat lagi.

Reporter: Bagus Multi Arona
Lebih baru Lebih lama